Pengertian & Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Pengertian Bola Basket & Teknik Dasar Permainan

Teknik Bola Basket dan Pengertiannya – Bola basket merupakan sebuah olahraga yang memang harus dilakukan secara berkelompok. Dan juga dimainkan dengan 2 tim yang harus berlawanan. Masing-masing tim memiliki 5 orang anggota. Yang mana setiap tim harus dapat mencetak point yang banyak. dengan cara memasukan bola basket tersebut kedalam Ring Lawan mereka.

Standar internasional permainan bola basket adalah terdiri dari 4 babak dengan waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit) dan jeda waktu istirahat 10 menit. Khusus NBA mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit). Sedangkan di Indonesia sendiri mengikuti standar 4 x 10 menit.

Induk olahraga bola basket dunia bernama Fédération Internationale de Basketball (FIBA), sedangkan di Indonesia sendiri bernama Perbasi (Persatuan bola basket seluruh Indonesia). Olahraga ini adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di PON sampai olimpiade.

Teknik Dasar Bola Basket

Seorang pemain agar bisa berlaga di sebuah turnamen, mereka harus benar-benar menguasai teknik dasar permainan basket, yaitu meliputi cara memegang bola, dribble, passing, pivot, shooting, rebound, dan slam dunk.

1. Teknik Dasar Memegang Bola

Dalam permainan bola basket, cara memegang bola adalah salah satu hal yang penting yang tidak bisa disepelekan.
Cara untuk memegang yang benar ialah pada kedua tangan yang diletakan pada samping kanan dan bola berada di kiri.
Jari-jari tangan harus dibuka lebar atau merenggang sehingga bola tidak gampang terlepas saat pemain harus menangkap bola yang dioper oleh rekannya.

2.Teknik Mengoper Bola Basket

Teknik mengoper bola disebut juga passing. Teknik ini harus dikuasi pemain agar kerjasama tim dapat berjalan dengan lancar.
Dalam melakukan passing juga bisa dilakukan dengan mengunakan satu tangan atau dua tangan.

Macam-macam passing sebagai berikut:

a. Chest Pass
Teknik passing chest pass dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan didepan dada. Bola harus dipegang menggunakan ujung jari kedua tangan, sedangkan ujung jari berada dibelakang bola. Cara mengoper bola menggunakan teknik ini harus lurus dan tidak boleh melambung maupun kebawah.

b. Bounce Pass
Teknik Bounce Pass sendiri adalah Salah satu teknik dengan cara mengoper Bola dengan mendorong bola ke arah bawah. yang mana bola tersebut akan memantul di lantai. Bounce pass hanya dapat dilakukan dalam jarak dekat.

c. Overhead Pass
Teknik Overhead pass merupakan salah satu teknik untuk mengoper bola dengan cara tangan berada di atas kepada. Dan siku kalian membentuk sudut 90 derajat.

d. Back Pass
Back Pass adalah teknik jarak dekat dengan menggunakan satu tangan dari posisi arah belakang punggung.

e. Under Pass
Under pass adalah teknik mengoper bola yang diarahkan lurus pada penerima pada jarak sepinggang.

3. Teknik Menggiring Bola ( Dribble )

Dribbling dalam permainan basket dilakukan dengan cara memantul-mantulkan bola pada telapak tangan sambil berlari maupun diam.

Macam-macam dribbling dalam Basket sebagai berikut :

a. Teknik Dribble Rendah
Teknik ini cocok digunakan untuk menerobos daerah pertahanan lawan. Dribble rendah dilakukan dengan kaki dibuka selebar bahu.

Apabila mengiringnya dengan tangan kanan. Maka kaki kiri kaliah harus berada di posisi depan. Begitupun sebaliknya. Yang mana teknik ini bertujuan untuk dapat melindungi bola dari incaran lawan kalian.

b. Teknik Dribble Tinggi
Teknik ini digunakan saat berada jauh dari penjagaan lawan.
Dribble tinggi dilakukan dengan cara kaki dibuka sejajar. Jika menggunakan tangan kanan, maka nilai dipantul-pantulkan disamping kanan depan. Begitu juga sebaliknya.

4. Teknik Menangkap Bola Basket

Cara menangkap bola basket ini pun. Dapat kalian lakukan dengan cara menangkap mengunakan satu tangan. Ataupun dengan dua tangan. Menangkap bola dapat dilakukan diatas kepala dan di depan dada dengan cara merentangkan jari-jari tangan dan pastikan bola berada ditelapak tangan.

5. Teknik Pivot ( Cara Berputar )

Pivot adalah teknik memutar badan dengan bertumpu pada kaki sebagai porosnya. Teknik ini cocok digunakan untuk mengelabuhi lawan. Biasanya kaki yang lebih kuat yang dipakai untuk jadi tumpuan agar mencegah adanya pergeseran.
Sambil bergerak, pemain harus terus menjaga bola agar tidak direbut oleh pemain tim lawan.

6. Teknik Menembak Atau Shooting

Teknik yang satu ini sangat berguna untuk dapat memasukan bola basket kedalam ring untuk dapat mencetak poin, Cara untuk melakukan shooting pun juga terbilang bermacam – macam jenis nya. Dimulai dari set shoot sampai dengan Teknik Slam Dunk.
Sekian artikel kali ini mengenaik Berbagai dasar teknik basket yang harus kalian ketahui. Semoga Berguna bagi kalian. Terima Kasih 🙂